Full width home advertisement

Just Writing

Fotografi

Post Page Advertisement [Top]

“Kapuas Hulu” suatu kata yang sangat inspiratif buatku. Bukan karena itu adalah nama suatu barang bukan juga nama orang tapi Kapuas Hulu adalah nama daerah tempat aku tingal tempat aku tumbuh dan berkembang. Di Kapuas Hulu lah aku simpan mimpi-mimpi yang siap aku rangkai menjadi hal nyata suatu saat nanti. Kapuas Hulu adalah daerah tingkat dua atau kabupaten dimana termasuk dalam provinsi Kalimantan Barat.

Kebanggaanku terhadap kapuas hulu bukan karena daerah ini memiliki gedung bertingkat yang besar. Bukan juga karena daerah ini kaya akan harta. Tapi aku bangga akan Kapuas Hulu karena keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Tercatat ada dua taman nasional yang ada di Kapuas Hulu.

  1. Taman Nasional Betung Kerihun :
    Taman Nasional Betung Kerihun adalah kawasan konservasi terbesar di Propinsi Kalimantan Barat. Wilayahnya terbentang memanjang pada 112° 15′ – 114° 10′ Bujur Timur dan 00º40′ – 10° 35′ Lintang Utara yang meliputi total area 800.000 hektar 5,5 % dari luas total Propinsi Kalimantan Barat yang sebesar 14.807.700 Hektar.
    • Flora      : 8  (delapan) tipe ekosistem hutan, 1.216 jenis flora
    • Fauna      : jenis-jenis fauna yang terdiri dari 48 jenis  mammalia, 7 jenis primata, 301 jenis burung, 103 jenis dari golongan herpetofauna, 112 jenis ikan  serta berbagai jenis serangga yang telah teridentifikasi sebanyak 170 jenis.
  1. Taman Nasional Danau Sentarum
    Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) merupakan salah satu dari 4 (empat) taman nasional yang ada di Kalimantan Barat. Berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Propinsi Kalimantan Barat dengan luas kawasan 132.000 hektar. Letaknya kira-kira 700 kilometer dari Pontianak.
    • Flora    : 675 (species) flora yang tergolong dalam 97 suku (familia), anggrek 154 Jenis
    • Fauna    : 265 jenis ikan air tawar, 147 jenis mamalia, 310 jenis burung.
    (sumber : http://www.ngurahpradnyana.com/journey/taman-nasional-danau-sentarum-lahan-basah-dengan-sejuta-potensi-2)



Mungkin anda menyangka ucapan saya hanyalah bualan yang hanya ingin membanggakan kampung halaman Kapuas Hulu. Ada beberapa foto asli yang di abadikan oleh seorang fotografer asal bali yang Bernama “Gusti Ngurah Pradnyana”. Beliau sempat mengabadikan keindahan taman nasional yang ada di Kapuas Hulu. Berikut ini ada beberapa hasil jepretan beliau yang saya ambil langsung dari website beliau “www.ngurahpradnyana.com

Kita mulai dari Taman Nasional Betung Kerihun
lokasi Taman Nasional Betung Kerihun
Panorama Hutan Di Pagi Hari
Daerah Aliran anak Sungai
Air Sumber Kehidupan
Keindahan Air Terjun Alam
Anggrek Bulan Yang Tumbuh Alami
Salah Satu Penduduk Pedalam Suku Dayak
Indahnya Alam 
TNBK Oase di Jantung Borneo
Hulu Sungai Di Kawasan TNBK
Kupu-kupu di Kawasan TNBK
Untuk gambar yang lebih lengkap dan lebih mantap silahkan kunjungi webesite sumber www.ngurahpradnyana.com 
Sekian dulu potingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat dan mudah-mudahan para pengunjung ada yang tertarik mengunjunngi kampung halaman saya ini. Satu hal yang harus kita jaga bersama adalah kelestarian lingkungan. Sehingga anak cucu kita dapat merasakan indahnya panorama alam kita yang luar biasa indahnya. Tunggu Postingan Berikutnya tentang Taman Nasional Danau Sentarum...

By : Egha Attacker

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berikan Komentar Anda

    Bottom Ad [Post Page]