Full width home advertisement

Just Writing

Fotografi

Post Page Advertisement [Top]

Tahukan anda lahan basah paling besar se Asia?? Tahukan anda lahan basah paling unik di dunia?? Jika anda masih belum tau saya akan memberikan sedikit informasi untuk anda yang saya pikir layak untuk saya bagikan terutama bagi para pemuda yang ingin menjaga kelangsungan hidup alam Indonesia yang indah ini.

Kapuas Hulu, salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang luar biasa. Hutan masih terbentang luas masyarakat yang masih tradisional yang jarang sekali tersentuh kehidupan modern. Ternyata daerah ini juga masih memiliki satu kekayaan alam lain yang luar biasa. Apalagi kalau bukan Danau Sentarum. Jika anda berpikir danau sentarum layaknya danau toba anda salah besar karena danau ini berbeda sekali dengan danau toba dan di situlah letak keunikan danau sentarum. 


Danau sentarum memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat.Kawasan ini menjadi sumber ikan air tawar masyarakat Kalimantan Barat, menyimpan air sungai kapuas di musim hujan dan mencegah banjir yang lebih parah di hilir, menjadi sumber air kapuas di musim kemarau dan mencegahnya dari kekeringan, sumber madu terbaik yang telah bersertifikat, serta menjadi tempat hidup bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

DANAU SENTARUM : LAHAN BASAH  TERBESAR DI ASIA
Kawasan Danau Sentarum termasuk dalam daftar lokasi lahan basah terpenting di dunia. Predikat tersebut di dapat sejak tahun 1994. Lahan basah adalah salah satu ekosistem terpenting karena memiliki banyak nilai ekonomi dan keragaman hayati biota darat dan air yang sangat tinggi, pengatur fungsi hidrologi bagi dan iklim mikro bagi suatu kawasan, dan menjadi tempat berkembang biak berbagai tumbuhan dan hewan yang penting bagi manusia. Keunikan dan nilai penting ekosistem lahan basah karena sifat pasang surutnya. Berbagai jenis hewan termasuk burung, ikan dan udang-udang berkembang biak mengikuti siklus pasang surut. Sifat pasang surut ini pula yang membuat lahan kaya akan makana untuk berbagai jenis hewan. Ekosistem lahan basah juga telah membentuk lahirnya kebudayaan trtua manusia di dunia yang penghidupaanya bergantung pada sumber daya lahan basah tersebut, misalnya Mesir dan Mesopotamia. Begitu pentingny lahan basah, hingga perhatian dunia tertuju pada ekosistem ini. Namum lagi-lagi soal pemerintah kita yang seakan-akan tertutup akan semua hal, sehingga cenderung mengabaikan atau malah mengubah kawasan ini.

Saya rasa cukup mengenai uraian singkat tentang betapa pentingnya kawasan dananu sentarum yang telah memiliki predikat sebagai taman nasional ini. Berbicara tentang taman nasional di Kapuas Hulu, pastinya kawasan Taman Nasional Danau Sentarum juga memiliki panorama alam dan margasatwa yang tak kalah indahnya dari kawasan lain. Terbukti dari seorang fotografer asal bali “Gusti Ngurah Pradnyana” yang sempat mengabadikan indahnya danau sentarum dari lensanya. Berikut ada beberapa hasil jepretan beliau yang saya ambil langsung dari website beliau “www.ngurahpradnyana.com

 Pemandangan Taman Nasional Danau Sentarum Dari Bukit Tekenang
Aktifitas Nelayan Tradisional Setempat
 Perkampungan Nelayan
 
Keindahan Flora dan Fauna di Kawasan Danau Sentarum
Berbicara tentang alam memang tidak akan ada habisnya begitu pula dengan kegiatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang juga seolah-olah tidak akan ada habisnya. Sekarang marilah kita sebagai generasi muda harus peka dan peduli akan pentingnya menjaga kelangsungan hidup alam kita.

By : Egha Attacker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

Bottom Ad [Post Page]