Full width home advertisement

Just Writing

Fotografi

Post Page Advertisement [Top]

Alhamdulillah dini hari mataku masih belum ngantuk! ntah karena terlalu banyak minum kopi atau karena isi kepala masih terlalu banyak untuk dibawa tidur. hehe. 
Di dini hari yang sunyi ini seperti biasa masih ditemani laptop kerenku, aku mencoba mengunjungi situs pemerintah daerah yang ada di kalimantan barat. Aku berencana membandingkan dari situs pemda yang satu dengan yang lainnya. Ternyata, bermacam-macam model yang aku temui di 14 situs kabupaten kota tersebut. Ada yang tampilannya cukup menarik, ada yang payah alias sangat buruk dari segit tampilannya, ada yang diblokir dan ada juga yang udah di hack orang.
Beberapa website pemda tersebut, seharusnya dapat menjadi media komunikasi pemerintah dan masyarakat. Tapi kenyataanya malah tidak memberikan informasi yang cukup bagi kita. Jangankan untuk informasi, dibeberapa website berlam-lama saja sudah tidak betah dengan tampilan website yang sangat membosankan. Membangun sebuah website memang bukanlah perkara sederhana. Namun dengan anggaran yang dimiliki pemerintah akan sangat sayang rasanya jika website tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal.
Dengan uang yang mereka punya seharusnya mereka dapat mengontrak tenaga kerja profesional untuk mengembangkan website. Atau malah uang tersebut tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya, sehingga hanya sebagai alat mendapatkan keuntungan pribadi bagi beberapa oknum.

SDM Lemah 
Yah aku rasa itulah salah satu alasannya. Mengelola dan mengembangkan situs itu perlu sedikit kreatifitas dan skill. Tapi itu bukan hal sulit. Ibarat membangun sebuah rumah, setelah dibangun rumah harus terus dirawat. Begitu juga website, perawatan juga sangat diperlukan. Memanejemen dan meng update  isi, berinteraksi dengan pengunjung, merawat dan mengelola konten dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengelolalan sebuah website. Namun SDM pengelola dan pengembang ini yang terkadang tidak sesuai dengan kualifikasi. Yah negeri kita memang masih dalam proses belajar. Belajar menjadi lebih profesional dan berkualitas. 

2 komentar:

  1. Meski sifatnya lemah namun backlink dari situs2 pemda lumayan kuat Bang, hehehe...

    BalasHapus
  2. kandau bang bro kapuashulukab.go.id

    BalasHapus

Berikan Komentar Anda

Bottom Ad [Post Page]