Full width home advertisement

Just Writing

Fotografi

Post Page Advertisement [Top]

Piala Dunia sepak bola pertama dicetuskan 26 Mei 1928 di Amsterdam. Sebelumnya sepak bola hanya dipertandingkan di olimpiade. Piala dunia pertama berlangsung di Uruguay 13-30 juli 1930. Presiden FIFA saat itu , Jules Rimet , berharap pertandingan antarnegara ini menciptakan perdamain dunia.


Perhelatan pertama itu diikuti oleh 13 negara yakni Amerika serikat, Perancis, Rumania, Belgia , Yugoslavia, Argentina, Peru dan Paraguay.

tuan rumah Uruguay keluar sebagai juara, setelah mengalahkan kesebelasan Argentian dengan skor 4-2 di babak final. Negara tersebut berhak meraih tropi Jules Rimet Cup yang berlapis emas.

selama Perang Dunia II kejuaraaan ini terhenti selama 12 tahun. Ajang itu dimulai kembali pada tahun 1950 di Brasil. pada tahun 1970 di Meksiko FIFA telah menetapkan Brasil Menyimapan Piala Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang juara sebanyak 3 kali, 1958,1962, dan 1970.

FIFA kemudian membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18 karat, tinggi 36 cm dan berat 4,97 kg yang harus diperebutkan sampai sekarang. Piala ini tidak boleh disentuh oleh siapapun kecuali oleh negara pemenang. Untuk menghibur masyarakat dunia dibuatlah replikanya. Replika ini dibawa keliling dunia setiap ajang itu menjelang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda

Bottom Ad [Post Page]